Halo! Berikut ini adalah panduan cara mengadakan Sesi Bicara Rangkul. Silakan dibaca satu per satu. Semoga memudahkan.

Siapa yang bisa mengadakan Sesi Bicara Rangkul?

Yang bisa mengadakan Sesi Bicara Rangkul adalah mereka yang telah menjadi Rangkul (Relawan Keluarga Kita) dengan mengikuti Kelas Kurikulum Keluarga Kita.

Jika Anda belum mengikuti Kelas Kurikulum Keluarga Kita, dan ingin mengikuti Sesi Bicara Rangkul, Anda dapat menjadi peserta Sesi Bicara Rangkul di wilayah Anda, ikuti jadwalnya di media sosial Keluarga Kita.

Bila di wilayah Anda belum ada Sesi Bicara Rangkul, Anda dapat memulainya dengan terlebih dahulu mengikuti Kelas Kurikulum Keluarga Kita di jadwal yang terdekat.

Jika banyak orangtua yang tertarik menjadi Rangkul di wilayah Anda (untuk di luar Jabodetabek), Anda dapat mengajukan untuk mengadakan Kelas Kurikulum Keluarga Kita, dengan mengirim email ke: rangkul@keluargakita.com

Bila Anda ingin mengadakan sesi parenting di luar Program Rangkul dan ingin mengundang Keluarga Kita sebagai narasumber, kirim email ke >> kelas@keluargakita.com.

Topik parenting apa yang dibahas di Sesi Bicara Rangkul?

Topik yang dibahas adalah sesuai susunan topik-topik dalam 3 Kurikulum Utama Keluarga Kita, yaitu: Hubungan Reflektif, Disiplin Positif, dan Belajar Efektif.

Agar memudahkan, Sesi Bicara Rangkul dapat dibagi menjadi beberapa sesi, walau tentunya pembagian sesi ini sifatnya panduan, jadi tidak baku harus diikuti. Sesinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan peserta, dan tentunya disesuaikan dengan Anda sebagai Rangkul.

Apa yang dilakukan oleh Rangkul di Sesi Bicara Rangkul?

3 hal utama yang dilakukan, yaitu: menentukan waktu dan lokasi (sebelum kelas), berbagi pengalaman pengasuhan (saat kelas berlangsung), dan menyusun dokumentasi (setelah kelas berlangsung).

Sudah banyak Rangkul yang melakukannya, dan tentunya setelah menjadi Rangkul, Anda bisa ngobrol dengan Rangkul lain yang sudah mengadakan sesi untuk mendapatkan tip sederhana, seperti: menentukan lokasi, mekanisme konsumsi, dll.

Di mana lokasi yang tepat untuk melaksanakan Sesi Bicara Rangkul?

Sebaiknya di lokasi yang tidak memerlukan biaya, misalnya: rumah, sebuah ruangan di kompleks perumahan, balai warga, kafe di mana peserta bisa memesan masing-masing, pinjam ruangan pada sebuah institusi. Pada dasarnya, sebuah ruangan yang bisa menampung sejumlah peserta.

Rangkul juga bisa menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan non-profit, biasanya banyak yang mau membantu untuk kegiatan pendidikan.

Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan?

Komputer laptop, layar/tembok putih, proyektor, dan koneksi internet jika memungkinkan.

Berapa biaya yang harus dibayar peserta?

Rp20.000 sebagai donasi pengganti cetak materi dalam bentuk buklet. Tapi, kalau memberi lebih juga boleh, lho. Semua dana yang terkumpul akan diberikan untuk Program Rangku.

Apabila Sesi Bicara Rangkul diadakan untuk para orangtua yang tidak mampu mengeluarkan donasi sebesar Rp20.000, buklet dapat diberikan gratis.

Apakah kita boleh meminta peserta untuk memberikan donasi lebih dari Rp20.000?

Boleh jika dananya diperuntukkan bagi kebutuhan kelas dengan jumlah yang masuk akal, misal: membeli makanan, menyewa proyektor, dll. Laporan penggunaan uang wajib disampaikan kepada peserta di akhir kelas.

Oya, untuk konsumsi apakah Rangkul harus menyediakan makanan/minuman?

Tidak sama sekali. Rangkul dapat mengajak peserta untuk membawa makanan atau memesan masing-masing jika di lokasi bisa memesan makanan. Tapi, kalau ingin menyediakan konsumsi, tentu boleh saja, selama tidak memberatkan.

Berapa jumlah peserta Sesi Bicara Rangkul yang direkomendasikan?

20-30 orang, namun tergantung kapasitas ruangan. Saat melakukan pendaftaran sebaiknya dilebihkan 5 orang dari jumlah awal karena nggak jarang ada peserta yang batal hadir pada hari pelaksanaan.

Bolehkah info Sesi Bicara Rangkul yang saya adakan tidak diumumkan di media sosial Keluarga Kita karena hanya ditujukan untuk teman-teman sendiri?

Sesi Bicara Rangkul wajib terbuka untuk umum dan diumumkan di media sosial.

Untuk sesi yang tidak terbuka untuk umum, dapat menghubungi: kelas@keluargakita.com

OK, saya sudah mengikuti Kelas Kurikulum Keluarga Kita dan akan mengadakan Sesi Bicara Rangkul. Mulai dari mana, ya? 

Lengkapnya silakan cek poster berikut ini dan ikuti mulai dari bagian “Sebelum Kelas”. Silakan simpan posternya.

Saya memiliki pertanyaan yang belum tercantum di sini, saya harus menghubungi ke mana?

Kirim pertanyaan ke email >> rangkul@keluargakita.com.

 

Poster-Panduan-Kelas-Rangkul-SFW